Sunday, March 3, 2013

Diptera



Diptera (Lalat Sejati)
Famili Athericidae





A.     Diptera
Ordo Diptera terdiri dari lalat sejati akuatik dan semi-akuatik. Agar dapat dianggap sebagai serangga air, spesies harus memiliki tahap pertumbuhan pada perairan baik pupa ataupun larva. Diptera telah didokumentasikan di setiap habitat air sehingga distribusi mereka cukup bervariasi.


B.     Athericidae
Larva Athericidae adalah predator yang memakan serangga air lainnya, khususnya larva Ephemeroptera (mayfly). larva ini umumnya ditemukan dibawah batu pada sungai dan jeram. panjang tubuh rata-rata 10-18 mm. tubuh larva Athericidae memanjang seperti cacing dan ada sepasang proleg pada setiap segmen perut.

Athericidae memiliki dua cabang ekor pada akhir abdomen. Athericidae betina memiliki perilaku bertelur yang unik. Betina akan bertelur pada cabang-cabang ekor yang menggantung di air. Setelah betina bertelur, dia tinggal dengan mereka sampai dia mati. betina lain menempel pada tempat yang sama juga sehingga tumpukan lalat mati segera terakumulasi. Ketika larva menetas mereka harus merangkak keluar dari tumpukan lalat betina yang mati sebelum mereka dapat turun dari cabang ke dalam air.

C.     Larva Dan Pupa
Larva dari sebagian besar spesies hidup berenang bebas sementara yang lain bersembunyi di substrat. Kebanyakan larva Diptera mirip cacing seperti pada gambar, dan memiliki kepala berbentuk kapsul. Larva dapat dibedakan dengan sebagian besar serangga air lain dari kakinya. selain bentuk tersebuta, morfologi larva Dipteran sangat beragam.

D.     Dewasa
bentuk dewasa dari spesies Diptera sebagian besar ditemukan di dekat habitat larva. kecuali diptera dewasa pemakan darah. Serangga ini dalam bentuk dewasa memiliki sayap dan antena dan dapat secara berkala melakukan perjalanan jauh dari sumber air.

E.     Kebiasaan Makan
Kebiasaan makan larva antara lain pemungut / pengumpul, perobek, filter feeder, atau pemangsa tergantung pada spesies. Mayoritas larva Dipteran adalah herbivora.

F.     Pentingnya Bagi Ekologi
keberadaan Diptera sangat melimpah di ekosistem perairan dan dengan demikian mereka adalah sumber makanan yang dapat diandalkan untuk berbagai hewan vertebrata. pada beberapa famili , termasuk Simuliidae ( lalat hitam ) dan Culicidae (nyamuk) merupakan ekonomi penting karena peran mereka sebagai hama manusia dan vektor untuk penyakit.


sumber :
Water Action Volunteers. 2013. http://watermonitoring.uwex.edu/wav/monitoring/coordinator/ecology/diptera.html. diakses pada 3 Februari 2013 pada pukul 14.00 WIB.



No comments: