Saturday, October 27, 2012

Kecoak

K  E  C  O  A  K


Kecoak/lipas/coro. Mendengar nama itu saja, rasanya kita ingin mencari pemukul lalat atau semacamnya untuk melumatkan makhluk tersebut. Betapa tidak mereka adalah binatang menjijikkan dan celakanya mereka sering dijumpai di rumah kita. Di dapur, di WC, di kamar mandi, lemari makanan yang pintunya tidak tertutup rapat, di laci meja, lemari pakaian, bahkan masuk ke kamar tidur tanpa permisi. Kecoak juga dapat bertahan hidup selama + 3 bulan tanpa kepala.

Metamorfosis
Perubahan bentuk dan gaya hidup atau biasa dikenal dengan METAMORFOSA ini ada dua jenis yaitu Metamorfosa sempurna dan tidak sempurna.

Kalau telur menetas akan keluar anak-anak kecoak yang bentuknya sama dengan kecoak dewasa, hanya saja kecoak muda tidak mempunyai sayap dan belum bisa dibedakan mana yang jantan dan betina. Dia bisa hidup bebas dan aktif tapi masih takut pada cahaya sehingga tidak keluar ke tempat terbuka untuk mencari makanan dan itu memang tidak perlu karena induknya telah meletakkannya di tempat yang banyak makanan.

Sesudah berganti kulit berkali-kali ia menjadi kecoak dewasa, sayapnya tumbuh pada pergantian kulit yang terakhir. Dan saat itu juga dapat dibedakan mana yang betina dan mana yang jantan. Yang jantan mempunyai tonjolan pada ruas terakhir dari bagian perut, sedangkan yang betina tidak punya.


       Jenis Kecoak Di Rumah Kita

           Ada dua jenis kecoak yang ada di rumah kita yaitu kecoak amerika (Periplaneta Americana) dan kecoak australia (Periplaneta Australasiae)

A. Kecoak Amerika (Periplaneta Americana)





           Kecoa ini lebih besar dari kecoa australia. panjangnya lebih kurang 4 cm. serangga yang berasal dari meksiko dan amerika tengah ini telah menyebar ke seluruh dunia. biasanya serangga ini keluar pada malam hari dan kadang-kadang terbang. kecoa dewasa dan nimfa biasanya terdapat bersama-sama dalam satu kelompok. kotorannya terbentuk pellet (Butiran) yang panjangnya sekitar 2mm. kecoa mengeluarkan cairan cokelat yang kemudian dimakan, tetapi dimuntahkan kembali. sementara itu, ootheca nya diletakkan di berbagai tempat yang ditutup dengan kotoran hasil kunyahan.

         Kecoa ini lahir di tempat sampah atau tempat lainnya yang kotor seperti lubang got, atau di dekat WC. Periplaneta Americana memakan apa saja yang dapat dimakan dari makanan kita, tumbuhan mati yang sudah membusuk, hingga ke berbagai kotoran bahkan kotoran manusiapun disantapnya.


B. Kecoak Australia (Periplaneta Australasiae)



Walaupun disebut lipas australia, namun serangga ini bukan dari benua australia. diduga serangga ini berasal dari malaysia. sekarang kecoa jenis ini sudah menyebar ke seluruh dunia lewat kapal yang berlayar. warnanya cokelat kemerahan dengan tepi punggung terlihat kuning. panjangnya 20-25 mm. bentuknya pipih sehingga bisa bersembunyi di tempat-tempat yang sempit atau celah. kecoa ini banyak terdapat di dapur, sarang lebah (glodog), lemari makanan. oleh karena sering terdapat di WC, septic tank, terutama di tempat gelap dan memakan bahan makanan, kecoa dapat menjadi penyebar penyakit pada manusia.

Kecoa ini lahir di dalam rumah. Tempatnya di celah dinding kayu, laci meja tilis, atau lemari yang jarang dibuka. Periplaneta Australasiae makanannya lebih bersih daripada Periplaneta Americana, yaitu perekat pada punggung buku, cat air, tinta cina pada gulungan kertas gambar dan bahan yang lainnya.

        Kecoak Sebagai Sumber Penyakit

            Diantara dua jenis kecoa yang telah dijelaskan tadi, yang paling berbahaya adalah jenis Periplaneta Americana, karena dia sifatnya seperti lalat yang memakan kotoran manusia dan sejenisnya, seperti lalat pula, sambil makan dia memuntahkan sebagian makanan yang telah dicernakannya. Bayangkan apabila sebelumya dia memakan tinja kemudian makan makanan kita dan lebih celakanya lagi dia makan sambil buang air besar di makanan kita.

            Akibatnya, kecoak ini menyebarkan berbagai bibit penyakit yang berbahaya seperti kolera, disentri, demam typhoid dan juga berbagai virus yang berbahaya. Sulitnya, kita tidak pernah memergokinya sedang menikmati makanan kita. Ia diam-diam mencuri dan lari begitu saja ketika mendengar suara “ceklikan” tombol lampu. Kalau kita tau kalau makanan itu adalah sisa dari kecoak yang menjijikkan itu, pasti kita buang jauh-jauh, tapi karena kita tidak tau yaaa…termakan juga makanan itu. Selain itu, Periplaneta Americana juga mengeluarkan semacam cairan yang dapat menimbulkan alergi pada kulit manusia bila terkena olehnya. Juga kotoran yang dikeluarkannya dapat menimbulkan gatal-gatal.

        Upaya Pemberantasan

            Pengendalian kecoa dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti secara sanitasi, biologis, mekanis, atau kimiawi. Namun kebanyakan orang lebih memilih menggunakan cara kimiawi yaitu disemprot insektisida atau sejenisnya pada lubang-lubang atau celah-celah yang diperkirakan menjadi sarang mereka.

          Tapi yang paling penting adalah menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya. Jangan sampai ada sampah yang bertumpuk dan berserakan di sana-sini. Tiap rongga dan celah-celah yang ada harus ditutup rapat agar tidak menjadi tempat penyimpanan telur, kecoak yang hinggap di lantai sudah barang tentu harus ditumpas dan dienyahkan dari muka bumi.


       Cara lain dapat menggunakan seember kecil minyak pelumas bekas dipakai dan diletakkan di sudut ruangan misalnya di gudang, dapur, atau garasi. Bau minyak pelumas itu akan menarik perhatian mereka dan dalam beberapa malam saja akan ada banyak kecoak yang mati diatas permukaan minyak


Manfaat Kecoak

- sebagai sumber protein yang tinggi. 
- sebagai hewan peliharaan
- sebagai agen pembersih


Sumber:
Pracaya 2008, Hama penyakit tanaman. Penebar swadaya jakarta



cara_membuat_dodol_mangrove

No comments: