Saturday, September 15, 2012

LAPORAN PRAKTIKUM LIMNOLOGI ANALISA KUALITAS AIR


LAPORAN PRAKTIKUM
LIMNOLOGI

ANALISA KUALITAS AIR






Oleh
Kelompok 19











MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2011









KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena atas rahmat dan karunia-NYA, kami dapat menyelesaikan tugas pembuatan laporan Limnologi ini dengan sebaik mungkin.


Laporan ini kami susun untuk melengkapi tugas terstruktur hasil praktikum Limnologi dan terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Edy selaku dekan fakultas perikanan dan ilmu kelautan, Universitas Brawijaya, Malang Dosen mata kuliah Limnologi Para asisten praktikum yang telah banyak pembantu Orang tua kami yang telah mendukung sepenuhnya dalam penyelesaian laporan ini Teman–teman yang telah membantu dalam menyelesaiakan laporan ini


Demikian laporan ini kami persembahkan, semoga dapat digunakan sebagai bahan referensi maupun sebagai penambah pengetahuan bagi pembaca. Kami juga mengharapkan saran dan kritik yang membangun sehingga dapat menambah pemahaman kami dalam pembuatan laporan selanjutnya serta dapat bermanfaat bagi pembaca.





Malang, 1 Desember 2011




Tim Penyusun






1. PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

     Sungai merupakan perairan terbuka yang mengalir (lotik)yang mendapat masukan dari semua buangan. Berbagai kegiatan manusia di daerah pemukiman, pertanian, dan industry di daerah sekitarnya. masukan buangan ke dalam sungai akan mengakibatkan terjadinya perubahan factor fisika, kimia dan biologi di dalam perairan. perubahn ini dapt menghasilkan bahan-bahan yang esensial dalam perairan sehingga dapat mengganggu lingkungan perairan (Nontji (1986) dalam Handayani et al., (2005) ).


     Sungai merupakan sutu bentuk ekosistem aquatic yang mempunyai peran penting dalam daur hidrologi dan berfungsi sebagai daerah tangkapan air (catchment area) bagi daerah sekitarnya, sehingga kondisi suatu sungai sangat dipengaruhi oleh karakteristik yang dimliliki oleh lingkungan sekitarnya. sebagai suatu ekosistem, perairan mempunyai berbagai komponen biotic dan abiotik yang saling berinteraksi membentuk suatu jalinan fungsional yang sling mempengaruhi. komponen pada ekosistem sungai akan teritegrasi satu sama linnya membentuk suatu aliran energy yang akan mendukung stabilitas ekosistem tersebut (Suwondo et al., 2004).

     Limnologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat dan struktur dari perairan daratan yang meliputi mata air, sungai, danau, kolam, dan rawa-rawa baik yang berupa air tawar maupun air payau. Selain itu alkena oseanologi yang mempelajari tentang ekosistem laut. Limnologi dan oseanologi merupakan cabang dari ekologi yang khusus mempelajari tentang sistem perairan yang terdapat dipermukaan bumi (Fizar, 2010).




1.2 Maksud dan Tujuan

     Maksud dari praktikum limnology analisa kualitas air adalah untuk memehami parameter-parameter kualitas air seperti suhu, kecerahan, kecepatan arus, pH, DO, CO2, TOM, alkalinitar, ammonia, orthofosfar, nitrat-nitrogen dan salinitas.


     Tujuan dari praktikum limnology analisa kualitas air adalah untuk mengetahui cara-cara pengukuran kualitas air seperti suhu, kecerahan, kecepatan arus, pH, DO, CO2, TOM, alkalinitas, ammonia, orthofosfar, nitrat-nitrogen dan salinitas.



1.3 Kegunaan

     Manfaat dari dilakukannya praktikum limnology analisa kualitas air adalah unyuk mengetahui bagaimana sifat fisika, kimia dan biologidari suatu perairan, serta bagimana pengaruhnya terhadap perairan dan juga organism yang ada di dalam perairan tersebut.



1.4 Waktu dan Tempat

     Praktikum limnology Analisa Kualitas Air dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 22 Oktober 2011 pukul 6.30 – 17.00 WIB di Stasiun Percobaan Budidaya Ikan Air Tawar Sumber Pasir – Malang.








2. TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Pengertian Limnologi

     Menurut Musa (2006), limnology berasal dari bahasa Yunani “Limue” artinya genangan air yang berarti bias kolam, rawa,atau danau. Limnologi merupakan ilmu yang tentang sistem perairan di dalamnya termasuk danau dan kolam air tawar, danau dan kolam air asin,rawa,sungai, dan aliran atau cucuran air.


     Limnologi berkembang sejak awal abad 20 dengan adanya study komperatif antara danau dalam dan danau dangkal yang dilakukan oleh Agust Thelekann. ia meneliti beberapa danau Eifel maan bersama Vaist pada Agustus 1910, yang hasilnya memperlihatkan adanya perbedaan konsentrasi oksigen pada daerah hipoliman dua tipe danau yang disebabkan perbedaan kelimpahan plankton, kemudian bersama Einar, ilmuan penelitian ini menjadi dasar dalam penelitian tipe danau, digotrofik, etrofik, dan disfotik. Selanjutnya Theisnemann dan Novmann meletakkan dasar limnology (Socielas Internasionalis Limnologie) tahun 1921 (Terai (1999) dalam Bariani, (2006) ).


Limnologi mempelajari perairan darat, padanan dari ilmu oceanografi yang sama mempelajari perairan laut. Penguasaan limnology yang perlu karena makin luas perairan darat Indonesia kurang dari 3% namun lebih dari 70% penduduk hidup di daerah pesisir yang berbatasan dengan perairan daratan (Cbgia, 2010).



2.2 Parameter Kualitas Air

2.2.1 Parameter Fisika

2.2.1.1 Suhu

     Suhu air merupakan factor yang banyak mendapatkan perhatian dalam pengkajian-pengkajian. Data suhu air dapat dimanfaatkan bukan saja hanya untuk mempelajari gejala-gejala fisika dalam laut tetapi juga dalam kaitannya dengan kehidupan hewan atau tumbuhan, bahkan dapat juaga dimanfaatkan untuk mengkaji metodologi (Notji, 1989).


     Suhu di lautan adalah salah satu factor yang amat penting bagi kehidupan organism di lautan karena suhu mempengaruhi baik aktifitas metabolism maupun perkembangan dari organism-organism tersebut. baik lautan maupun daratan keduannya dipanasi oleh sinar matahari melalui suatu proses yang dinamakan isolahan akan tetapi pengaruh pemanasan ini sama untuk daerah-dearah yang terletak pada lintang yang berbeda (Hutabarat, 1985).


     Menurut Kurniawati et al., (2006), penyebaran suhu dilapisan bawah permukaan secara vertical menunjukkan adanya pelapisan yang terdiri :

a. lapisan Homogen
    pada lapisan ini air umumnya sama dari permukaan kedalaman 100 meter, dilapisan tropic seperti Indonesia suhu lapisan ini berkisar 290 C. 

b. Lapisan Termoklin

    pada lapisan ini suhu turun dengan cepat sekali yakni dai 280 C pada kedalaman 100 meter menjadi 40 C pada kedalaman 600 meter. 

c. Lapisan Dalam

    lapisan ini turunnya suhu dengan peningkatan kedalaman menjadi lambat sekali yang berlangsung hingga kedalaman 2500 meter, gradient suhu yang terjadi kira-kira 0,50 C/100 m. 

d. Lapisan Dasar

    pada lapisan ini suhu biasannya tidak berubah lagi hingga ke dasar biasanya trjadi di samudra lepas, berarti pada kedalaman 3000 m lebih.



2.2.1.2 Kecepatan arus

     Arus adalah gerakan mengalr suatu masa air kea rah tertentu. Arus ini biasanya sehangat 300 C atau sedibgin -20 C tergantung dari mana arus itu berasl, dan lebar arus bias lebih dari 60 km, sebagian besar arus bergerak dengan kecepatan 10 km/hari. Meskipun untuk beberapa jenis arus dapat bergerak lebih cepat. arus membawa banyak sekali air keseluruh penjuru bumi. Mempengaruhi dan membantu mengatur iklim. arus terdapat di permukaan maupun di samudra yang dalam. arus mempunyai arti yang sangat penting dalam menentukan arah pelayaran bagi kapal-kapal. Peta arus telah dibuat oleh para pelaut berabad-abad yang lalu (Kurniawati, 2006).


     Secara umum yang dimaksud dengan arus adalah gerakan masa air laut ke arah horizontal dalam skala besar. Wlaupun ada arus vertical, namun alas an ini hanya membahas arus horizontal saja. Tidak seperti pada arus sungai yang searah denagn aliran sungai menuju ke arah hilir, dimana kecepatan arus sungai bias di ukur secara sederhana (Wibisono, 2005).


     Sebuah current meter yang ideal harus memiliki respon yang cepat dan konsisten dengan setiap perubahan yang terjadi pada kecerahan air dan harus secara akurat dan terpercaya sesuai dengan komponen velositas. juga harus tahan lama, mudah dilakukan pemeliharaan dan simple digunakan dengan kondisi lingkungan yang berbeda, indicator kinerja tergantung pada intertid dan roter, gerakan air dan gesekan dalam bearing.



2.2.1.3 Kecerahan

     Kecerahan yang tinggi dapat mengakibatkan terganggunya sistem osmoregulasi, misal pernafasan dan daya lihat organism akuatik serta dapat menghambat penetrasi cahaya kedalaman air, tingginya nilai kekeruhan juga dapat mempersulit usaha penyaringan dan mengurangi efektifitas disentasi pada proses penjernihan (Effendi, 2008).


     Aktifitas organism sangat tergantung dari lamanya penyinaran di daerah-daerah temperate zone (photopen lodio). lama penyinaran itu dikarenakan oleh perubahan-perubahan perbedaan bujur dan lintang disetiap bagian bumi ini dan perubahan musim. Photopenodik diartikan sebagai lama penyinaran manfaat seharian (Djamri,1983).


     Radiasi matahari juga penting dalam melengkapi cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman hijau untuk dipakai dalam proses fotosintesis. Tumbuhan-tumbuhan ini tidak dapat hidup terus-menerus tanpa adanya cahaya matahari yang cukup. akibatnya penyebaran mereka di lautan dibatasi pada daerah kedalaman dimana cahaya matahari dan berkurang secara cepat sesuai dengan makin tingginya kedalaman lautan (Hutabatrat, 1985).



2.2.2 Parameter Kimia

2.2.2.1 pH

     Nilai pH menunjukkan derajat keasaman atau kebebasan suatu perairan. Di dalam air pH di pengaruhi oleh kapasitas penyangga “ buffer” yaitu adanya garam-garam karbohidrat dan bikarbonat ( Ruttreat et al ., 1993 dalam Arfiati, 1989 ).


     pH adalah cerminan dari derajat keasaman yang di ukur dan jumlah ion hidrogen menggunakan rumus pH = -log (H⁺ ). Air murni terdiri dari ion H⁺ dan ion OH⁻ dalam jumlah berimbang hingga pH air murni biasa 7. Makin banyak ion H⁻ dalam larutan cairan makin rendah ion H⁺ dan makin tinggi pH, cairan demikian disebut cairan alkalis. Sebaliknya makin ttinggi ion H⁺ makin rendah pH dan cairan tersebut bersifat asam ( Andayani, 2005).


     pH air mempengaruhi tingkat kesuburan perairan karena mempengaruhi kehidupan jasad renik perairan asam atau kurang produktif. Malah dapat menumbuhkan hewan budidaya. Pada pH rendah ( keasaman yang tinggi ) kandungan oksigen terlarut akan berkurang. Hal yang sebaliknya menjadi pada suasana basa . Atas dasar ini maka usaha budidaya di perairan akan berhasil baik dalam air dengan pH 6,5 – 9,0 dan kisaran optimal pH 7,8 – 8,7 (Kardi dan Andi, 2007).



2.2.2.2 Oksigen Terlarut (DO)

     Merupakan faktor penting bagi kehidupan mikro dan makro organisme akuatik. Karena diperlukan untuk proses pernafasan, oksigen dalam suatu perairan berasal dari difusi langsung dari udara. Hujan yang jatuh dalam air ataupun dari proses asimilasi tumbuh – tumbuhan berklorofil ( Odum,1971 dalam Arfiati, 1989 ).


    Oksigen terlarut merupakan salah satu parameter penting dalam penentuan kualitas air . Oksigen terlarut akan langsung berpengaruh pada kemampuan organisme untuk bertahan di perairan tercemar. Pada perairan yang jenuh biasanya mengandung oksigen dalam rentang 8-15 mg / l. Tergantung pada salinitas dan tempertur bagi organisme – organisme akuatik biasanya membutuhkan dengan konsentrasi 5-8 mg/l untuk dapat hidup secara normal ( Naster,1991 dalam Wibowo, 2004).


     Di perairan oksigen mudah bersenyawa dengan unsur lain membentuk oksidasi konsentrasi oksigen rendah di dasar perairan penurunan potensi redoks yaitu dengan terlepasnya unsur-unsur hara ke laut misalnya ortophosphat. Dalam keadaan aerob besi (III) yang dapat bersifat fosfor menjadi bentuk yang tidak larut. Sehingga selama stratifikasi panas konsentrasi oksigen terlarut di dasar perairan rendah karena pengambilan oleh mikroba untuk respirasi ( Corrent dan rigler,1987 dalam Sudaryanti,1991)



2.2.2.3 Karbondioksida (CO2)

     Karbondioksida dalam air pada umumnya merupakan hasil respirasi dari ikan phytoplankton. Kadar CO2 lebih tinggi dari 100 ppm diketahui menyebabkan keracunan bagi ikan. Kadar CO2 tinggi juga menunjukkan bahwa perairan tersebut lingkungan asam. Meskipun demikian karbondioksida diperlukan dalam proses pembufferan ( Kurniawati et al ., 2005 ).


      Sumber karbondioksida di bumi adalah atmosfer dan perairan terutama lautan. Lautan menyumbangkan karbon 50x lebih banyak dari pada karbon di atmosfer. Pemindahan karbon dari atmosfer ke laut terjadi melalui proses difusi. Karbon yang terdapat di laut cenderung mengatur karbondioksida di laut. Karbon organik melalui proses fotosintesis kemudian masuk kembali ke atmosfer melalui proses fotosintesis dekomposisi yang merupakan proses biologis makhluk hidup ( Effendi, 2003).


     Siklus karbon adalah siklus dari karbon yang melibatkan peranan proses fotosintesis yang menangkap karbon dan respirasi yang kembali dari atmosfer. Semua heterotrof apabila sudah mati akan membentuk karbon. Dekomposisi melepas karbon dioksida dan kembali ke atmosfer. Komponen organik melakukan filosasi karbon yang berasal dari selulosa akan lebih konsisten, tetapi bakteri dan jamur lebih baik daripada serangga untuk menguraikan karbon. Meningkatnya karbon di atmosfer terlihat saat perubahan iklim global warming dan berulang di masa depan ( Roven,2002).



2.2.2.4 Alkalinitas

    Alkalinitas suatu kesadahan karbonat adalah besaran yang menunjukkan kandungan ion bikarbonat ( HCO3⁻) dan karbonat ( CO3⁻) di dalam air. Dalam kehidupan tautan yang lebih berperan adalah ion karbonat. Kesadahan karbonat atau alkalinitas disebut sebagai suatu ekspresi dari kemampuan air untuk mengikat keasaman air. Alkalinitas berperan sebagai agen pemburetan asam yang berfungsi untuk menjaga kestabilan pH . alkalinitas pada umumnya dalam CaCO3( Kurniawati,2006).


    Fosfat ( HPO42⁻ dan H2PO4), sulfida ( H5) dan amonia (NH3), juga memberikan kontribiusi terhadap salinitas. Namun pembentukan alkalinitas yang utama adalah karbonat-karbohidrat dan hidroksida. Diantara ketiga ini karbonat paling banyak terdapat di perairan alami. Nilai alkalinitas perairan dengan nilai kesadahan yang tinggi atau kadar garam natrium yang tinggi ( Effendi,2003).


2.2.2.5 Amonium Nitrogen

     Perubahan nitrogen menjadi amonia anorganik dilakukan oleh bakteri dan jamur dalam proses almonifik. Amonia cepat larut dalam air membentuk amonium hidroksida. Peranan oksigen dalam menurunkan toksisitas amonium tergantung dari kegiatan bakteri aerob melalui proses nitrifikasi ( Sudaryanti, 1991 ).


      Amonium ( NH3) dan garam-garamnya bersifat mudah larut dalam air. Ion amonium adalah bentuk transisi dari amoniak. Sumber amoniak di perairan adalah pemecahan nitrogen organik ( protein dan urea) dan nitrogen anorganik yang terdapat dalam limbah dan air, yang berasaal dari bahan organik yang terdapat di dalam limbah dan air,yang berasal dari bahan organik ( tumbuhan ) dan biota akuatik yang telah mati olwh mikrpba dan jamur ( Effendi, 2003).


2.2.2.6 Orthofosfat

     Sumber utama fosfor di laut bukanlah udara, melainkan batu- batuan phosphat dan endapan lain yang telah di bentuk dalam waktu tahunan geologi, karena adanya erosi secara perlahan – lahan batuan ini terkikis dan melepaskan phosphat kedalam laut. Phosphor merupakan salah satu unsur yang penting untuk kehidupan organisme laut. Jadi dapat di harapkan phospor di laut juga terdapat dalam bentuk organik di samping anorganik ( Kurniawati,2006 ).


     Menurut Wibisono (2001), diperairan unsur phosphat terlarut dalam bentuk ion orthophosphat ( HPO42⁻, H2 PO42⁻) dan dalam bentuk anorganik fosfor yang masuk ke perairan dari pelapukan tanah dan batu, hasil dari siklus pelapuakan fosfor yang sudah terlarut di dalam perairan itu sendiri. Fosfor tersebut baru bisa di maanfaatkan oleh fitoplankton maupun tumbuhan air yang lain setelah di ubah menjadi ion orthofosfat. Konsentrasi fosfor pada perairan normal berkisar antara 0,1 sampai 1000 ml/l.



2.2.2.7 TOM ( Total Organik Matter )

     Kandungan bahan organik terlarut di perairan alami sekitar 50 mg/l. Danau yang kaya biota akan menunjukkan kekurangan oksigen dalam kolam air bagian bawah di bandingkan danau yang miskin biota air. dekomposisi bahan organik di perairan dapat dilakukan oleh mikroba. Untuk mengurangi bahan organik diperairan dapat dilakukan aerasi untuk mempertahankan dekomposisi yang aerobik ( Michael,1984 dalam sudaryanti,1991).


     Kalium penganat ( KmnO4) tidak dipakai sebagai oksidator pada penentuan konsumsi oksigen untuk mengoksidasi bahan organik yang di kenal sebagai parameter nilai penganat atau sering disebut kandungan bahan organik yang dikonsumsi dengan metode pemanganat selalu memberikan hasil yang lebih kecil dari pada nilai BOD. Kondisi ini menunjukkan bahwa pemanganat tidak cukup mampu mengoksidasi bahan organik secara sempurna ( Effendi,2003 ).


2.2.2.8 Nitrat Nitrogen

     Nitrogen terlarut dipakai dalam bentuk nitrit dan nitrat dengan konsentrasi 10 sampai 1000 mg/l dan amonia denagn konsentrasi dibawah 150 mg/l untuk perairan normal. Selain karbon nitrogen tersedia dalam jumlah yang cukup besar di lingkungan. Makhluk hidup membutuhkan nitrogen terutama untuk pembentukan asam amino dan asam nukleat ( Regndds,1993 dalam Wibowo,2001 ).


     Sumber nitrogen dapat berasal d`ri presipitasi,fiksasi,difusi aliran permukaan dan air tanah. Nitrogen selalu ditemukan di ekosistem perairan terutama dalam bentuk gas sebagian kecil ditemukan dalam persenyawaan amonia,nitrit,urea,dan persenyawaan organik terlarut (Notzet,1975 dalam Sudaryanti,1991).



2.2.2.9 Salinitas

     Salinitas merupakan parameter penunjuk jumlah bahan terlarut dalam air. Dalam pengukuran salinitas turut pula diperhitungkan kesadahan di samping bahan terlarut lainya. Salinitas pada umumnya dinyatakan sebagai berat jenis, yaitu rasio antara berat larutan terhadap berat air murni dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan hidrometer atau salinometer ( Kurniawati,2006 ).


     Konsentrasi rata-rata seluruh garam yang terdapat di dalam air laut dikenal sebagai salinitas. Konsentrasi ini biasanya sebesar 3% dari berat seutuhnya. Mereka biasanya lebih sering disebut sebagai bagian perseribu atau biasa ditulis dengan 35 ‰. Cara yang biasa dipergunakan untuk menentukan salinitas adalah denagn menghitung jumlah total klor yang ada dalam satu sampel ( chlorinitas ). Dari hasil pengukuran ini kita kemudian dapat menentukan besarnya salinitas. Rumus yang dipergunakan adalah salinitas sama dengan khlorinitas ( Hutabarat, 1984 ).







3. METODOLOGI



3.1 Alat dan Fungsi

3.1.1 Parameter Fisika
        Alat-alat yang digunakan dalam praktikum limnology tentang parameter fisika adalah

a) Suhu

Thermometer Hg : Digunakan untuk mengukur suhu perairan

b) Kecerahan

     Sechidisk : untuk mengukur tingkat kecerahan suatu perairan
     Penggaris : untuk mengukur panjang D1 dan D2 pada tali sechidisk
      Tali : untuk jarak penanda D1 dan D2 serta mengikat sechidisk

c) Kecapatan Arus

    Botol aqua : Untuk mengukur arus
    Tali : untuk mengikat botol



3.1,2 Parameter kimia

A) Ph

     Kotak standart : Sebagai pembanding hasil warna ph paper

B) DO (Disolve oxygen)

     Botol DO : untuj mengambil sampel air pada perairan
     Pipet tetes : untuk mengambil larutan dalam jumlah sedikit
     Selang aerator : untuk media mengalirnya air
     Statif : Sebagai penyangga buret
     Buret ; Digunakan untuk mentitrasi bahan

C) CO2 ( Karbondioksida )

    Statif : Sebagai penyangga buret
    Buret : untuk mentitrasi bahan
    Pipet tetes : untuk mengambil bahan dalam jumlah kecil
    Erlenmyer : untuk menghomogenkan larutan
    Gelas ukur : untuk mengukur volumeair sampel


D) Alkalinitas

    Gelas ukur 100ml : untuk mengukur volume air sampel
    Erlenmeyer 250 ml : untuk menghomogenkan larutan
    Buret : untuk membantu mentitrasi
    Statif : untuk menyangga buret
    Pipet tetes : untuk mengambil larutan dalam skala kecil


E) Amonia Nitrogen

    Beaker glass 250 ml : sebagai tempat untuk menghomogenkan larutan
    Gelas ukur 100 ml : untuk mengukur volume air sampel yang digunakan
    Cuvet : sebagai tempat larutan baku
    Spektrofotometer : untuk mengukur panjang gelombang
    Pipet tetes : untuk mengambil larutan dalam skala kecil
    Rak cuvet : untuk tempat atau wadah cuvet


F) TOM (Total organic matter)

    Bola hisap : untuk membantu mrngambil larutan dengan menggunakan pipet volume
    Pipet tetes : untuk mengambil larutan dalam skala kecil
    Thermometer : untuk mengukur air sampel saat dipanaskan dan didinginkan
    Gelas ukur 100 ml : untuk mengukur volume air sampel yang digunakan
    Hot plate : untuk memanaskan larutan setelah ditetesi H2SO4 sampai suhu 70o – 80o
    Buret : untuk mentitrasi bahan atau larutan
    Statif : untuk menyangga buret
    Corong : untuk membantu memasukkan larutan
    Styrer : untuk menghomogenkan larutan


G ) Orthopospat

    Beaker glass 250 ml : sebagai tempat pencampuran larutan
    Gelas ukur 100ml : untuk mengukur junlah air sampel yang digunakan
    Pipet tetes : untuk mengambil larutan dalam skala kecil
    Botol larutan : sebagai tempat larutan amoniu molybdat dan SnCl2 
    Rak cuvet : sebagai tempat cuvet
    Spektrofotometer : untuk mengukur panjang gelombang
    Cuvet : untuk tempat larutan pembanding


H) Nitrat nitrogen

    Cawan porselin : sebagai tempat kerak nitrat
    Gelas ukur 100 ml : untuk mengukur air sampel yang digunakan
    Cuvet : untuk tempat larutan pembanding
    Spatula : untuk membantu menghomogenkan kerak nitrat
    Rak cuvet : sebagai tempat meletakkan cuvet
    Pipet volum : untuk mengambil larutan dalam jumlah yang besar
    Bola hisap : untuk membantu pipet volume dalam mengambil larutan
    Washing bottle : sebagai tempat air sampel
    Hot plate : untuk memanaskan bahan
    Spektrofotometer : untuk mengukur panjang gelombang


I) Salinitas

    Refraktometer : untuk mengukur salinitas air sampel kolam dan sungai




3.2 Bahan dan fungsi
     Bahan-bahan yang digunakan dalam praktikum limonologi adalah

3.2.1 Parameter fisika

A) suhu

    Air sampel : sebagai media yang akan diukur suhunya


B) Kecerahan

    Karet gelang : untuk menandai D1 dan D2 pada tali sechidish
    Air sampel : sebagai media yang akan diukur nilai kecerahanya


C) Kecepatan arus

    Air sampel : : sebagai media yang akan diukur kecepatan arusnya





3.2.2 Parameter kimia

     Bahan-bahan yang digunakan dalam praktikum limnology dalam parameter kimia adalah :

A) Ph

    Ph paper : sebagai indicator asam basa
    Air sampel : bahan yang diukur asam basanya


B) Do (Disolve oxygen)

    MnSo4 : untuk mengikat O2 bebas pada air sampel
    NaOH + Ki : untuk membentuk endapan coklat dan melepas I2
    H2So4 : untuk melarutkan endapan coklat dan indicator asam
    Tissue : untuk membersihkan alat
    Na2S2O3 : untuk mengikat I2
    Kertas label : untuk member tanda pada botol sampel
    Air sampel : sebagai bahan yang diukur kadar Do


C) Karbondioksida

    Phenol pteanin :Sebagai indicator suasana basa
    Tissue ; Untuk membersihkan alat
    Na2Co3 : Untuk mengikat Co2 bebas
    Kertas label : untuk memberi tanda pada botol sampel
    Air kolam & sungai : bahan yang diamati kandungan Co-nya


D) Alkalinitas

    Mo : Sebagai indicator suasana asam dan warna orange
    Tissue : untuk membersihkan alat
    Hcl 0,02 N : untuk mengikat ion H+
    Kertas label : untuk memberi tanda pada botol sampel
    Air kolam dan sungai : senagai bahan yang akan diukur kadar Alkalinitasnya


E) Tom (total organic matter)

    Kmno4 : tempat oksidator dan mengikat bahan organic
    H2SO4 : sebagai pengkondisian asam dan katalisator
    Na oksalat : Sebagai reduktor
    Aquadest : untuk pelarut larutan
    Kertas label : untuk member tanda pada botol sampel
    Air kolam & sungai : bahan yang diamati kandungan TOM-nya


F) Amonia nitrogen

    Pereaksi nessler : untuk mengikat ammoniak dan indicator warna
    Kertas saring : untuk menyaring air sampel
    Kertas label : untuk member tanda pada botol sampel
    Air kolam & sungai : bahan yang diamati
    Larutan baku :Sebagai pembanding


G) Orthophospat

    Amonium Molybdat : untuk mengikat fosfat dan membentuk Ammonium fosfomolybdat
    SnCl2 : sebagai indicator warna biru
    Air kolam dan sungai : bahan yang di amati kandungan orthopospatnya
    Kertas label : untuk menandai pada botol sampel
    Larutan baku : Sebagai larutan pembanding


H) Nitrat nitrogen

    Aquadest : untuk mengencerkan kerak nitrat
    Kerak nitrat : sebagai sampel yang akan diukur kandungan kandungan nitratnya
    Asam fenol disulfonik : untuk melarutkan kerak nitrat
    NH4OH : untuk melarutkan lemak
    Kertas label : untuk memberi tanda pada botol sampel
    Air kolam & sungai :sebagai bahan yang diamati kandungan nitrat nitrogen
    Kertas saring : untuk menyaring air sampel


I) Salinitas

    Tissue : untuk membersihkan kacaprisma pada refraktometer
    Aquadest : untuk mengkalibrasi refraktometer
    Air kolam dan sungai :bahan yang diamati salinitasnya
    Botol mineral 600ml : sebagai wadah air sampel kolam dan sungai 600ml






3.3 Analisa prosedur 

3.3.1 Parameter fisika
a) Kecerahan

     Dalam praktikum linologi tetang pengamatan kecerahan, pertama yang disiapkan adalah alat dan bahan. Alat yang digunakan adalah secchi disk yang digunakan untuk mengukur kecerahan air kolam. Penggaris untuk mengukur D1 dan D2 dan air sampel sebagai bahan yang diukur kecerahannya. Langkah selanjutnya adalah sechi disk diturunkan pelan-pelan samapi tidak Nampak untuk yang pertama kali diukur dengan penggaris panjang tali dan dicatat sebagi D1. Lalu secchi disk diturunkan lebih dalam hingga tidak Nampak. Setelah itu diangkat sampai nampak untuk pertama kali dan dicatat sebagai D2. Untuk kecerahannya dihitung dengan menggunakan rumus .

b) Suhu
      Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan adalah thermometer Hg untuk mengukur suhu perairan. Sedangkan untuk bahan yang digunakan adalah air kolam sebagai perairan yang diukur suhunya. Dipegang thermometer Hg pada tali rafia. Dimasukkan kedalam kolam dengan membelakangi sinar matahari agar sinar matahari tidak mempengaruhi hasil pengukuran dan ditunggu selama 1 samapi 2 menit kemudian dibaca skala thermometer Hg didalam perairan dan dicatat hasilnya.

c) Kecepatan arus
      Dalam praktikum limnology kualitas air dengan parameter kualitas air dengan parameter kecepatan arus, pertama disiapkan alat dan bahan yang digunakan. Alat yang digunakan adalah botol film yang kosong sebagai pelampungdan untuk mengukur kecepatan arus. Tali rafia 4 meter sebagai penghubung botol pertama dan botol kedua dan juga sebagai jarak dalam pengukuran kecepatan arus dan stopwatch untuk mengukur waktu kecepatan arus.       Sedangakan bahan yang digunakan adalah arus air untuk menghitung arus sungai. setelah alat dan bahan siap. Botol film yang telah diikatsatu sama lain dengan menggunakan tali rafia dilepaskan dengan tetap memegang ujung tali rafia. Dihitung waktu tempuh yang dibutuhkan botol film dengan menggunakan stopwatch kemudian dicari kecepatannya dengan menggunakan rumus dan didapatkan besarnya arus sungai.


3.3.1 Parameter fisika

a. Salinitas
      Pada praktikum limnology tentang pengamatan salinitas kolam langkah pertama yang harus dilakukan adalah disiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Alat yang digunakan adalah refraktometer untuk mengukur salinitas air sampel, pipet tetes untuk mengambil air sampel, washing botol sebagai wadah aquadest. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan adalah air sampel sebagai bahan yang diukur salinitas dan tissue untuk membersihkan kaca prisma refraktometer sera aquadest untuk mengkalibrasi refraktometer. Langkah selanjutnya adalah refraktometer dikalobrasi dengan menggunakan aquadest lalu dibersihkan dengan tissue. Kemudian air sampel diambil dengan menggunakan pipet tetes dan diteteskan pada kaca prisma lalu ditutup dengan hati-hati agar tidak terjadi gelembung. Refraktometer diarahkan kesumber cahaya dan dilihat nilai salinitasnya pada skala refraktometer sebelah kanan lalu dicatat hasilnya.

b. DO
      Dalam praktikum linologi tentang pengukuran DO alat yang digunakan adalah botol DO sebagai wadah air sampel, buret, statif dan erlenmayer sedangkan bahan yang digunakan adalah MnSO4, H2SO4, NaOH+KI, Amylum, tissue, Na2S2O3, kertas label dan air sampel. Setelah alat dan bahan siap langkah selanjutnya adalah botol DO dibuka dimasukkan kedalam perairan dengan sudut kemiringan kurang-lebih 450 agar tidak timbul gelembung karena jika timbul gelembung pada botol DO nantinya akan mempengaruhi hasil perhitungan. Setelah penuh ditutup botol DO didalam perairan.       Air sampel dalam botol DO kemudian ditetesi dengan MnSO4 sebanyak 2 ml sebagai pengikat oksigen diparairan dan ditetesi NaOH+KI sebanyak 2 ml untuk membuat endapan coklat dan melepaskan I2. Kemudian dihomogenkan dengan cara dibolak-balik. Setelah endapan coklat terbentuk selanjutnya bagian air yang jernih dibuang dari botol DO. Endapan coklat ditetesi H2SO4 sebanyak 2 ml sebagai pengkondisian asam dan melarutkan endapan coklat. Selanjutnya ditetesi amxlum untuk pengkondisian basa dan sebagai indicator warna ungu sebanyak 4 tetes. Selanjutnya dititrasi dengan menggunakan Na2S2O3 sampai larutan dalam botol DO berwarna jernih. Kemudian dicatat ml titran yang digunakan dan DO-nya dihitung dengan menggunakan rumus dan dicatat hasilnya.

c. CO2
      Dalam praktikum ini alat–alat yang digunakan adalah gelas ukur, erlenmayer, pipet tetes, buret, statif dan botol larutan. Sedangkan bahan yang digunakan adalah air sampel, indicator PP, Na2CO3 dan tissue. Setelah alat dan bahan siap langkah selanjutnya adalah diambil air sampel sebanyak 25 ml dengan menggunkan gelas ukur dan dituangkan kedalam erlenmayer. Kemudian ditetesi dengan menggunakan indicator PP sebanyak 1-2 tetes dengan menggunakan pipet tetes. bila air tetap jernih selanjutnya ditetesi dengan Na2CO3 0.0454N sampai warnanya berubah menjadi merah muda dan dihitung ml titran yang digunakan kemudian kadar CO2 bebas dihitung dengan rumus dan dicatat hasillnya.

d. Alkalinitas
      Dalam praktikum ini alat-alat yang digunakan adalah gelas ukur, erlenmayer 250 ml, buret, statif, pipet tetes sedangkan bahan yang digunakan adalah air kolam, MO, HCl 0,02N, kertas label dan tissue. Setelah alat dan bahan siap langkah selanjutnya adalah diambil air sampel sebanyak 25 ml dengan menggunakan gelas ukur. Kemudian dituangkan kedalam erlenmayer dan diukur pH-nya untuk menentukan indicator apa yang akan digunakan. Selanjutnya ditetesi dengan menggunakan Indokator MO sebagai indicator suasana asam dan dihomogenkan. Setelah itu dititrasi dengan menggunakan HCl 0,02N sebagai pentitran dan menyupalai ion H+. sampai terjadi perubahan warna. Ml titran dicatat dan alkalinitasnya dihitung dengan menggunakan rumus .

e. Amoniak nitrogen
      Dalam praktikum ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah disiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan adalah gelas ukur, kertas saring, beaker glas, pipet tetes, cuvet, cawan porselen, rak tabung reaksi, bola hisap, washing botlle dan pipet volum. Sedangkan bahan yang digunkan adalah pereaksi nessler, kertas label, kertas label dan air kolam. Setelah alat dan bahan siap langkah selanjutnya yang harus dlakukan adalah air sampel diambil 12,5 ml dengan menggunakan gelas ukur. kemudian ditetesi pereaksi nessler sebanyak 1 ml sebagai pengikat amoniak dan pembentuk warna kuning. Kemudian larutan dihomogenkan. Setelah itu dimasukkan kedalam cuvet lalu b=dibiarkan selama kurang-lebih 10 menit sampai terbentuk warna. Setelah itu dibandingkan dengan larutan pembanding dan dilakukan dengan spektrofotometer lalu dicatat hasilnya.

f. TOM
      Dalam praktikum ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan adalah erlenmayer,t hot plate, buret, statif, thermometer Hg, gelas ukur, pipet tetes, gelas ukur, bola hisap dan botol larutan. Sedangkan bahan yang duigunakan adalah KMnO4, H2SO4, Na Oksalat, aquadest, kertas label dan air sampel. Setelah alat dan bahan siap langkah selanjutnya adalah diambil air sampel sebanyak 25 ml dengan gelas ukur dan dituangkan kedalam erlenmayer kemudian ditambahkan 4,75 ml KMnO4 0,01N sebagai oksidator da pengikat bahan organic. Setelah itu ditambah 5 ml H2SO4 sebagai pengoksidasi asam dan katalisator dengan menggunakan pipet volum. Kemudian dipanaskan diatas hot plate samapai suhunya 70-800C pada suhu 750C merupakan suhu optimal H2SO4 bereaksi. Kemudian hot palte dimatikan dan erlenmayer diturunkan serta didinginkan sampai suhu 650C. selanjutnya ditambahkan Na Oksalat 0,01N sebagai reduktor perlahan-lahan samapai tidak berwarna dan dihomogekan. Kemudian dititrasi dengan menggunakan MnSO4 0,01N sebagai oksidator dan katalisator sampai berwarna pink. Dicatat ml titran yang digunakan dan dihitung TOM-nya dengan menggunakan rumus .




4. ANALISA PROSEDUR

4.4 Hubungan antar parameter

4.4.1 Suhu dengan DO
      Peningkatan suhu perairan sbesar 100 menyebabkan terjadinya peningkatan konsumsi oksige oleh organisme akuatik sekitar 2-3 kali lipat.Peningkatan suhu disertai dengan penurunan kadar oksigen terlarut.Sehingga keberadaan oksigen seringkali tidak mampu mengambil kebutuhan oksigen untuk melalkukan proses metabolism dan respirasi (Effendi,2003)

4.4.2Alkalinitas dengan pH
      Nilai Alkalinitas sangat dipengaruh oleh pH.Alkalinitas berperan sebagai system penyangga (buffer) agar perubhan pH tidak terlalu besar.Jadi kenaikan nilai alaklinitas diikuti oleh nilai peningkatan pH (Effendi,2003)

4.4.3 pH ,Amonia dan Suhu
      Amonia diperairan dapat menghilang melalui proses vertilisasi karena tekanan parsial ammonia dalam laruta meningkat dengan semakin meningkatnya keceptan angin dan suhu (Effendi,2003).

4.4.4 Karbondioksida (CO2 ) dengan pH
      Analisa korelasi antara kecepatan arus terhadap oksigen terlarut disungai menunjukkan korelasi positif (12-0,6402 p < 0.05 ),ini berarti semakin tinggi arus maka akan meningkatkan kadungan oksigen terlarut dari hubungan antara kecepatan air dengan kandungan CO2 berkorelasi negative 12-0.6950,P<0.05) Jadi,semakin tinggi arus maka kandungan CO2 rendah (Fauzi,2001).

4.4.5 Hubungan DO dengan salinitas
      Menurut Goldaman n Huse (1982) dalam Fauzi (2001) Pada sungai selogan nilai salinitas berpotensi negative terhadap kandungan oksigen terlarut (r=0,9396, p=10,01) dan salinitas bereaksi positif dengan daya hantar listrik,CO2 dan Alkainitas sehingga hanya factor minor terhadap konsentrasi oksigen terlarut.



4.4.6 Hubungan pH dengan TOM
      Menurut Wardona (2001) dalam Peppo (2010) Keasaman (pH) pada limbah industry perikanan berada dibawah baku mutu yaitu nilai pH 5,6.Sedangkan nilai pH menurut pergub Bali no.8 tahun 2002 adalah 6-9,rendahnya pH disebabkan penguraian bahan organic dalam limbah oleh bakteri anaerob yang menghasilkan asam organic .

4.4.7 Hubungan CO2,Alkalinitas ,Kecepatan,Arus dan DO
      Menurut Fauzi (2001) Kandungan karbondiokasida dan alkalinitas dibagian hilir selagan sungai kecenderungannya semakin tinggi.Hal ini disebabkan karena adanya pelepasan CO2 akibat dari proses respirasi dan peningkatan logam –logam alkali adanya pengaruh salinita.Pada bagian hilir sungai kandungan karboksida tinggi karena kecepatan arus lambat dan bahan organic masuk kesungai.Makin banyak sehingga proses dekomposisi arus meningkat.Proses dekomposisi akan menyebabkan penurunan O2 dan meningkatkan kandungan CO2 .Kandungan alkalinitas yang tinggi di hilir akiba dari kelarutan logam-logam alkali meningkat karena adanya pengaruh salinitas.

4.4.8 Hubungan TOM dan Amonia Nitrogen
      Menurut Effendi (2003) dalam Anasif (2008),Sumber ammonia diperairan adalah pemecahan nitrogen organic yang terdapat dalam air yang missal dan dekomposisi bahan organic serta adanya tinja biotic akuatik.Amonia merupakan racun bagi perairan dimana daya racun akan meningkat dengan kenaikan Ph.

4.4.9 Hubungan Orthofosfat dan PH
      Menurut Huank et.al (2003) dalam Kanti (2006) kemampuan condida melarutkan fosfat midiglin disebabkan oleh kemampuannya melakukan fermentasi glukosa menjadi beberapa sam organic seperti asam laktat , asam sitrat, dan glukosat. Akibatnya terjadi penurunan pH medium dan penurunan pH ini mengakibatkan kestabilan kelarutan orthofosfat akibat phosphor CO2 hasil respirasi khamir.



4.5 Faktor Biologi

a. Plankton
      Plankton adalah organisme yang berukuran kecil yang hidupnya terombang-ambing oleh arus. Mereka terdiri dari makhluk hidup yang hidupnya sebagai hewan (zooplankton) dan sebagai tumbuhan (fitoplankton). Zooplankton adalah hewan laut yang plaktonik sedangkan fitoplankton terdiri atas tumbuhan laut yang bebas melayang dan hanya dalam laut serta kemampuan berfotosintesis sebagai produsen adalah organisme yang memiliki kemampuan untuk menggunakan sinar matahri sebagai sumber energy dalam melakukan aktivitas hidupnya (Purnai Lawang, 2009)

b. Periphyton
      Periphyton merupakan hewan yang ukurannya sangat kecil (mikroskopik). Oleh karena itu, periphyton tidak dapat dilihat dengan mata tanpa bantuan mikroskop.Periphyton adalah tumbuhan (hewan yang tumbuh dan menempel pada objek yang tenggelam (E.P.Odum dalam Risal Pumalmawan, 2009)

c. Benthos
      Merupakan organisme mudah yang melekat atau beristirahat pada dasar endapan.Benthos dibedakan berdasarkan makanannya menjadi pemakan penyaring seperti kerang dan pemakan diposis seperti surut.Diantara hewan benthos yang relative mudah di identifikasian dan peka terhadap perusahaan lingkungan perairan adalah jenis yang termasuk kelompok invertebrate makro.Kelompok ini lebih dikenal dengan nama makro zoo benthos.Makro zoo benthos mempunyai peranan yan sangat penting dalam siklus nutrient didasar perairan (Maiogna et.al (1989 ) dalam Pulawarman,2009).

d. Nekton
      Nekton merupakan organisme yang dapat bergerak dan berenang dengan kemauan sendiri.(Contoh ikan,Amphibi,sehingga air besar dan lain –lain Coslum (1998) dalam Purnawarman ,2009).






5. PENUTUP 

5.1 Kesimpulan
      Kesimpulan yang didapat dari praktikum Limnologi Analisa Kualitas Air adalah:

· Limnologi adalah ilmu yang mempelajari tenteng system perairan didalamnya termasuk danau,sungai dan kolam air asin, rawa, sungai dan aliran atau cucuran air.
· Parameter fisika terdiri dari kecerahan, suhu, kecepatan arus dan salinitas

· Parameter kimia terdiri dari pH, CO2, DO, TOM, Amonia Nitrogen, Alkalinitas, Orthophosfat, dan Nitrat Nitrogen

· Hasil dari perhitungan parameter fisika didapatkan: 

Nilai suhu pada sungai 230C dan pada kolam sebesar 260C. Kecepatan arus disungai didapatkan 0,36%. Kecerahan pada sungai sebesar 100% karena dasar perairan dapat dilihat dengan mata telanjang. Sedangkan pada kolam kecerahannya sebesar 100%. Salinitas pada perairan sungai dan kolam sebesar 0 ppt.

· Hasil dari perhitungan parameter kimia didapatkan:

Nilai pH sungai sebesar 7 dan pH pada kolam sebesar 9. DO pada perairan sungai didapatkan 4,24 mg/L sedangkan pada perairan kolam didapatkan DO sebesar 12,12 mg/L. CO2 pada perairan sungai sebesar 19,976 mg/L, sedangkan nilai CO2 pada kolam sebesar 79,9 mg/L. Alkalinitas pada sungai sebesar 100 mg/L, dan alkalinitas pada kolam sebesar 560 mg/L. Amonia Nitrogen pada sungai sebesar 0.05 ppm sedangkan pada kolam sebesar 37,7-5 ppm. Nilai TOM pada perairan sungai sebesar 17,7 mg/L sedangkan pada perairan kolam sebesar 5,05 mg/L. Orthophosfat pada perairan sungai sebesar 0.25 ppm dan pada perairan kolam sebesar 0,1 ppm. Nilai nitrogen pada sungai sebesar 0,75 ppm sedangkan pada kolam sebesar 0,5-1 ppm.

· Factor biologi yang digunakan sebagi indicator pengukuran kualitas air yaitu bentos dan plankton.

5.2 Saran
      Dalam praktikum Limnologi Analisa Kualitas Air, diharapkan antara asisten dan praktikan lebih memperbaiki komunikasi agar jika ada pertanyaan atau sesuatu yang kurang paham tidak ragu-ragu untuk menyatakan, sedangkan untuk praktikan dimohon tepat waktu saat praktikum dimulai.





DAFTAR PUSTAKA

Arfiati,Diana.1989.Komunitas-Komunitas Alga Perifiton di sungai Cikarangelan, Cikampek Jawa Barat sebagai Tempat Pembuangan Limbah Air Pabrik Pupuk Urea.ITB.Bandung.
Akrimi dan Gatot Subroto.2001.Teknik Pengamatan Kualitas Air dan Plankton di Reservat danau Arang-Arang Jambi.pustakalitbang.deptan.go.id/publikasi/ bt07202.pdf.Diakses pada 3 November 2011 pukul 14.00 WIB
Ardayani,Sri.2005.Manajemen Kualitas Air untuk Budidaya Perairan.Universitas Brawijaya.Malang.
Apridayanti,Sri.2008.Evaluasi Pengelolaan Perairan Waduk Lahar Kabupaten Malang Jawa Timur.leprints.undip.ac.id/17305/1/EKA_APRIDAYANTI.pdf.Diakses pada 3 November 2011 pukul 08.30 WIB
Ariasih.2008.Telaah Kualitas Air,Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan. books.google.co.id/books?isbn9792106138.Diakses pada 16 Oktober 2011 pukul 13.00 WIB
Bariani.2006.Peran dan Fungsi Duslit Limnologi.Diakses pada tanggal 15 Oktober 2011 pukul 15.00 WIB
Barus,A.2002.Pengantar Limnologi.Jurusan Biologi.FMIPA.Universitas Sumatera Selatan.Medan.
Djaman.1983.Catatan Kuliah Ekologi Umum.IPB.Bogor.
Effendi,H.2003.Telaah Kualitas Air.Yogyakarta.
________.2008.Telaah Kualitas Air Edisi II.Yogyakarta.
Handayani.2005.Penentuan Status Kualitas Perairan Sungai Hulu dengan Biomonitoring Makrozoobentos Tinjauan dari Pencemaran Bahan Organik.Diakses pada 13 Oktober 2011 pukul 20.30 WIB
Hutabarat,Sahala dan Stewart M.Evans.1985.Pengantar Oseanografi.Universitas Indonesia.Jakarta.
Image,googlea.2011.Stratifikasi Suhu.http://google.co.id/search.Diakses pada 22 Oktober 2011 pukul 20.30 WIB
__________b.2011.Siklus Karbon.http://google.co.id/search.Diakses pada 22 Oktober 2011 pukul 20.30 WIB
__________c.2011.Siklus Fosfat.http://google.co.id/search.Diakses Pada 22 Oktober 2011 pukul 20.30 WIB
__________d.2011.Daur Nitrogen.http:./google.co.id/search.Diakses pada 22 Oktober 2011 pukul 20.30 WIB
Kanti,Atit.2006.Merga Candida Khamir Tanah Pelarut Fosfat yang Diisolasi dari Tanah Kebon Biologi Wamena Papua. biodiversitas.mipauns.ac.id/D/D0702/0670202/pdf.volume 7, nomor 2, halaman 105-108N:k112-033x April 2006.Diakses pada 3 November 2011 pukul 15.05 WIB
Kardi,K.M.N.G dan Andi Basli Tancung.2007.Pengelolaan Kualitas Air dalam Budidaya Perairan.PT Bineka Cipta.Jakarta.
Kurniawan et.all.2006.Dikata Kuliah Limnologi.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.Universitas Brawijaya.Malang.
Nontji,Anugerah.1987.Laut Nusantara.PT Grafindo.Jakarta.
Peppo,dkk.2010.Oceanografi dan Limnologi di Indonesia Vol 36.Diakses pada 3 November 2011 pukul 14.00 WIB
Purnailmawan.2009.Ekologi Umum.Bineka Cipta.Bandung.
Roven,Petter,H.2002.Biology.Inc grow Nell.New York.
Siradz,Syamsul A,Endra Setyo Harsono:Isma Purba.2008.Kualitas Air Sungai Code,Winanga dan Gajahwong Daerah Istimewa Yogyakarta.faperta.ugm.ac.id/fiki/8.14%- 20121-105.pdf. Diakses pada 3 November 2011 pukul 14.00 WIB
Subdit,pbsk.2009.Pengantar Limnologi.subdit limnologi pdf.Diakses pada 12 Oktober 2011 pukul 14.00 WIB
Sudaryanti,Sri.1991.Dampak Mekanisme Alat Limnotek 3-1 Terhadap Sebaran Oksigen Terlarut di Perairan Situ Benangsari.IPB.Bogor.
Sunarto.2009.Rantai Makanan dalam Perairan.http://rantai_makanan_perairan.Diakses pada 11 Oktober 2011 pukul 11.00 WIB
Susilo.2011.Bestland saping and gardening.http://bestlandsaping-and-gardening.com/kolam-ikan.html.Diakses pada 3 November 2011 pukul 08.00 WIB
Sowondo,et all.2004.Kualitas Biologi Perairan Sungai Sinapelan, Sago dan Sail di Kota Pekanbaru Berdasrkan Bioindikator Plankton dan Bentos Jurnal Biogenesis vol (1): 15-20.Diakses pada 9 Oktober 2011 pukul 08.00 WIB
Tampubolon.2010.Current Metter (Alat Ukur Arah dan Kecepatan Arus Laut).http://ilmu_kelautan.com/current_matter_alat_ukur_arah_laut_dan_kecepatan_arus_laut.html.Diakses pada 20 Oktober 2011 pukul 21.00 WIB
Wibisono,M.S.2005.Pengantar Ilmu Kelautan.Grasindo.Jakarta.
Wibowo,Harri.2001.Tingkat Eutrofikasi Rawa Pening dalam Rangka Kajian Produktivitas Primer Fitoplankton.Universitas Diponegoro.Semarang.


No comments: