Saturday, September 15, 2012

L-KARNITIN UNTUK MEMBAKAR LEMAK TUBUH


Secara alami L-carnitin memiliki peran yang esensial dalam metabolisme asam lemak. Hanya jika berikatan dengan carnitine yang mengaktifkan acylcoenzyme-A esterase di sitosol maka asam lemak dapat masuk ke mitokondria, tempat terjadinya β oksidase. Carnitine juga berfungsi memindahkan benda-benda beracun dalam alur metabolik. Bukti klinis mengindikasikan bahwa carnitine memiliki peran dalam manajemen beberapa kelainan kardiovaskular (Sargowo, 2011).


Menurut Kumala (2010), karnitin atau dalam bahasa Indonesia dapat disebut sebagai karnitina, adalah zat yang berasal dari asam amino dan dapat ditemukan dalam hampir semua sel tubuh. Carnitine berasal dari bahasa Latin “carnus” yang berarti daging, atau senyawa yang diisolasi dari daging. Carnitine adalah nama generik untuk beberapa senyawa seperti L-carnitine dan asetil-L-carnitine.

Carnitine memainkan peranan penting dalam produksi energi, yaitu dengan cara mentranspor asam lemak rantai panjang ke dalam mitokondria sehingga mereka dapat dioksidasi (“dibakar”) untuk menghasilkan energi. carnitine terkonsentrasi pada jaringan seperti otot skeletal dan jantung yang menggunakan asam lemak sebagai bahan bakar diet.

L-Carnitine memegang peran penting dalam tubuh untuk:

• Memproduksi energi dari lemak
• Meningkatkan kemampuan tubuh melakukan gerak atletis
• Meningkatkan pemulihan setelah berolah-raga
• Memberikan energi kepada jantung dan sel-sel imun.
• Mencegah timbulnya kelelahan dini pada waktu berolah-raga.

Wirakusumah (2007), mengemukakan Makanan yang kaya akan karnitin adalah daging merah (sapi dan domba), susu, serta hasil olahannya. sementara buah dan sayuran umumnya hanya mengandung sedikit karnitin. karnitin juga dapat diproduksi oleh tubuh dari asam amino lisin. sumber lisin yang baik yaitu kacang-kacangan.

Kesimpulan:

L-carnitine memiliki peran yang esensial dalam metabolisme asam lemak, Meningkatkan kemampuan tubuh melakukan gerak atletis, meningkatkan pemulihan setelah berolah-raga, memberikan energi kepada jantung dan sel-sel imun, mencegah timbulnya kelelahan dini pada waktu berolah-raga.

L-carnitine, adalah zat yang berasal dari asam amino dan dapat ditemukan dalam hampir semua sel tubuh.

Makanan yang kaya akan karnitin adalah daging merah (sapi dan domba), susu, serta hasil olahannya.

Buah dan sayuran umumnya hanya mengandung sedikit karnitin. karnitin juga dapat diproduksi oleh tubuh dari asam amino lisin dan sumber lisin yang baik yaitu kacang-kacangan.

Sumber:

http://www.carnipure-for-you.com/id/what_is_l_carnitine.html

Kumala. V. 2010, Kurus Dengan Suntikan Pembakar Lemak.http://www.tanyadok.com/kesehatan/kurus-dengan-suntikan-pembakar-lemak

Sargowo. D, 2011, Peran Antioksidan Pada Penderita Penyakit Jantung Koroner. Fakultas Kedokteran. Unversitas Brawijaya. Malang.

Wirakusumah. E, S, 2007, 202 Jus Buah dan Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Anda. penebar swadaya. Jakarta

No comments: