Sunday, September 29, 2013

FITOPLANKTON

FITOPLANKTON


     Menurut Bachtiar (2005), plankton nabati atau fitoplankton adalah jasad nabati yang terdiri atas sel yang memiliki bentuk bervariasi, dari bulat, oval, hingga mirip benang.Jenis plankton ini mampu mengunakan sinar matahari sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas hidupnya.Karena itu fitoplankton dapat melakukan proses fotosintesis.


     Fitoplankton
bersel tunggal yang mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan daun tumbuhan tingkat tinggi.Dengan ukuran yang lebih kecil ini, maka fitoplankton mempunyai luas permukaan yang lebih besar daripada daun yang memiliki ukuran masa yang sama.Dengan demikian, kemampuan untuk menyerap sinar matahari yang berperan dalam proses fotosintesis juga jauh lebih besar.Fitoplankton mempunyai daur hidup yang cukup pendek sehingga mampu berkembang biak dalam waktu yang singkat. Fitoplankton dapat panen sekitar 3-7 hari setelah inokulasi (Isnansetyo dan Kurniastuty 1995 dalam Ekawati, 2005).

     Fitoplankton tergolong sebagai organisme autotrof, yang membangun tubuhnya dengan mengubah unsur-unsur anorganik menjadi zat organik dengan memanfaatkan energi karbon dari CO2dan bantuan sinar matahari melalui proses fotosintesis  (Basmi, 1988 dalam Elfinur fajri, 2009).

     Fitoplankton mampu membuat ikatan-ikatan organik yangkomplek  (glukosa) dari ikatan-ikatan anorganik sederhana, karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Energi matahari diabsorbsi oleh klorofil untuk membantu berlangsungnya  reaksi kimia yang terjadi dalam proses fotosintesa tersebut (Hutabarat, 2000 dalam Widyorini, 2009).

     Fitoplankton  pada  umumnya memiliki  karakteristik  fotosintesis  yang lebih efisien dibanding dengan berbagai tumbuhan terestrial dan telah  disarankan menjadi  salah  satu  alternatif  upaya pengurangan  emisi  karbondioksida ke atmosfir (Pedroni,et  al., 2004 dalam Chrismadha et.al, 2005).



sumber:
Bachtiar, Y.Ir. 2011.MenghasilkanPakanAlamiUntukIkanHias.Penerbit: Tim Lentera. Jakarta.

Chrismadha, T, Chrismadha, Y. Mardiati, Rosidahdan D. Hadiansyah. 2005. Respon fitoplankton terhadap peningkatan konsentrasi karbondioksida udara. Limnotek. 1005, Vol. Xii, No. 1, P. 40-47.Indonesia.
Ekawati, A.W. 2005. Budidaya Makanan Alami. Diktat Kuliah. Fakultas Perikana dan Ilmu kelautan. Universitas Brawijaya. Malang.
Elfinurfajri, F. 2009. Struktur Komunitas Fitoplankton serta Keterkaitannya dengan Kualitas Perairan di Lingkungan Tambak Udang Intensif. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Widyorini, N. 2009. Pola Struktur Komunitas Fitoplankton Berdasarkan Kandungan Pigmennya  Di Pantai Jepara. Jurnal Saintek Perikanan Vol. 4 No. 2 2009 : 69 – 75. Indonesia.

No comments: