Saturday, October 13, 2012

Proses Penyembuhan Luka


Proses Penyembuhan Luka


1. Definisi Penyembuhan luka

     Penyembuhan luka adalah proses penggantian dan perbaikan fungsi jaringan yang rusak. Penyembuhan luka melibatkan integrasi proses fisiologis. Sifat penyembuhan pada semua luka sama, dengan variasinya bergantung pada lokasi, keparahan dan luasnya cedera.

2. Proses Penyembuhan Luka

      A.      Penyembuhan Primer

1.       Fase Inflamasi (Reaksi)
Inflamasi merupakan reaksi tubuh terhadap luka yang dimulai setelah beberapa menit dan berlangsung  selama sekitar 3 hari setelah cedera. Proses perbaikan terdiri dari mengontrol perdarahan (hemostatis), mengirim darah dan sel ke area yang mengalami cedera (inflamas), dan membentuk sel- sel epitel pada tempat cedera (epitelialisasi). Selama proses hemostatis, pembuluh darah yang cedera akan mengalami konstriksi dan trombosit berkumpul untuk menghentikan perdarahan. Bekuan-bekuan darah membentuk matriks fibrin yang nantinya akan menjadi kerangka untuk perbaikan sel.

2.       Fase Proliferasi (Regenerasi)
Fase proliferasi terjadi dalam waktu 3-24 hari. Aktivitas utama selama fase regenerasi ini adalah mengisi luka dengan jaringan penyambung atau jaringan granulasi yang baru dan menutup bagian atas luka dengan epitelisasi.

3.       Maturasi (Remodeling)
Maturasi, yang merupakan tahap akhir proses penyembuhan luka, dapat memerlukan waktu lebih dari satu tahun, bergantung pada kedalaman dan kaluasan luka. Serat kolagen mengalami remodeling atau reorganisasi  sebelum mencapai bentuk normal.


      B.      Penyembuhan Sekunder
               Luka dengan jaringan yang hilang, seperti : luka bakar, luka tekan atau luka laserasi yang parah akan mengalami penyembuhan sekunder. Penyembuhan sekunder memerlukan waktu yang lebih lama sehingga kemungkinan terjadinya infeksi lebih besar. Tepi luka tidak saling berdekatan. Luka akan tetap terbuka hingga terisi oleh jaringan parut. Luka terbuka yang besar biasanya lebih banyak mengeluarkan cairan dari pada luka tertutup. Inflamasi yang terjadi sering kali bersifat kronik dan jaringan yang ruasak lebih banyak dipenuhi oleh jaringan granulasi yangrapuh daripada dipenuhi oleh kolagen.



No comments: