Wednesday, November 7, 2012

Tips Bagaimana Cara Mencari Inspirasi


CARA MENCARI INSPIRASI


Inspirasi sama halnya dengan ilham yang menurut kamus besar bahasa indonesia adalah sesuatu yang menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu, dsb). Banyak cara dalam mencari inspirasi antara lain :

     1.    Banyak berkumpul dengan orang-orang berpengalaman
  Inspirasi kadang timbul dari suatu pembicaraan atau diskusi yang bebas. Saat kita nongkrong bareng teman-teman lalu secara mendadak timbuk suatu pemikiran kreatif yang mendorong kita untuk berbuat sesuatu. Suatu misal adalah kita secara tiba-tiba terdorong untuk menjalankan suatu bisnis tertentu yang menarik.

     2.    Sering-sering membaca media informasi (internet,TV,koran,majalah, dll)
    Dengan banyaknya membaca media, maka banyak pula masukan-masukan informasi atau hal-hal yang kita dapat untuk memperoleh inspirasi alternatif yang kreatif bahkan memotivasi kita untuk melakukan hal yang sama seperti yang kita baca tersebut.

     3.    Jalan-jalan atau rekreasi
  Saat otak sedang dalam kondisi jenuh, inspirasi sangat sulit untuk timbul bahkan jika dipaksakan akan membuat pikiran kita tambah jenuh. Dengan rekreasi, otak akan menjadi fresh dan menjadi lebih nyaman dalam berfikir. Sehingga saat kita santai atau rekreasi, inspirasi terkadang akan datang dengan sendirinya.

     4.    Buang air besar
    Buang air besar merupakan pekerjaan yang sangat membosankan karena kita hanya duduk dan terdiam. Pada saat itu pikiran kita kita sering melayang kemana-mana dan menimbulkan pemikiran yang aneh namun menarik bahkan pemikiran yang timbul dapat memecahkan masalah yang sedang kita hadapi.



Namun yang fatal adalah inspirasi yang kita dapat akan cepat hilang jika tidak segera dilakukan. Solusinya adalah ketika kita mendapatkan inspirasi maka yang harus kita lakukan adalah mencatatnya. HP merupakan barang yang hampir tidak pernah lepas dari genggaman kita. Maka dari itu HP adalah media yang cocok untuk mencatat inspirasi yang kita dapat secara spontan tersebut agar tidak mudah hilang.

No comments: